Kamis, 06 Desember 2012

Mengunci Folder Dengan Password


Mungkin setiap orang yang memiliki komputer / laptop pribadi memiliki file-file yang berharga, dimana file yang ia miliki merupakan privacy yang tidak boleh diketahui orang lain, teman, pacar, saudara, dll.  Untuk mencegah file tersebut agar terjaga dan terproteksi dari orang lain, maka diperlukan penguncian folder melalui password, jika tindakan yang dilakukan hanya sebatas hidden file/ folder, sepertinya kurang efektif untuk penanganannya, karena masih dapat di buka dengan mengijinkan folder hidden tersebut untuk terlihat.
Salah satu cara untuk mengamankan folder/ file tersebut adalah dengan memberikan proteksi password untuk membuka folder tersebut.
Langkah pertama buka notepad dengan mengklik Start -> All Programs -> Accessories -> Notepad


Selanjutnya copy dan paste code berikut kedalam notepad anda


 NB : ganti password sesuai keinginan anda pada “Password_Anda


Selanjutnya save dimana folder yang ingin di kunci tersebut di tempatkan dengan nama terserah anda, save as type pilih All Files dan extensi .bat

Setelah selai double klik file yang anda buat agar muncul sebuah folder dengan namaLocker dan pindah kan folder/ file penting anda kedalam folder tersebut. Untuk mengunci folder tersebut, anda cukup double klik file ekstensi .bat tadi yang anda save, nanti akan muncul window pengunci folder tersebut, untuk mengunci folder, anda cukup mengetik y untuk menyetujui apakah folder Locker tersebut akan di kunci kemudian klik enter. maka folder dengan nama Locker tersebut secara otomatis akan hidden dan tidak akan muclu kecuali kita membuka kembali file ekstensi .bat dengan password yang kita buat tadi

For penampakan penguncian


Folder Locker terhidden dan tidak akan terlihat dan untuk membuka folder tersebut anda cukup double klik file ekstensi .bat tadi dan masukkan password anda, maka folder tersebut akan tampil kembali.


Mudahan-mudahan cara ini dapat memberikan sedikit manfaat.

1 komentar: