Kamis, 06 Desember 2012

Mencegah Serangan DDos

`Dalam bahasa sederhananya, serangan DoS (Denial of Service) adalah sebuah serangan terhadap sebuah komputer atau server yang terdapat dalam jaringan Internet dengan cara menghabiskan resources yang dimiliki komputer tersebut sampai tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar dan mencegah pengguna untuk mengakses informasi atau layanan. Walaupun motif, target, dan modus serta metode melancarkan serangan berbahaya ini bisa berbeda-beda, tetapi tujuan umumnya adalah mengganggu fungsi sebuah website (IP) baik secara sementara maupun sampai waktu yang tidak ditentukan. Bentuk serangan DoS yang tipikal dan paling nyata terjadi ketika si penyerang membanjiri sebuah jaringan/server tertentu dengan request-request komunikasi atau informasi eksternal sehingga korban tidak bisa merespons terhadap trafik yang membludak (atau merespon sangat lambat). Ini memaksa komputer/server target untuk melakukan reset.


Jika DoS hanya melibatkan seorang penyerang maka serangan DDoS (Distributed DoS) melibatkan penyerang multi-level, sehingga lebih sulit dihadapi dan lebih berbahaya. Seorang penyerang bisa mengambil alih dan menggunakan komputer orang lain (termasuk komputer Anda) untuk menyerang sistem targetnya. Serangan DDoS telah banyak menghancurkan website-website perusahaan besar bahkan penyedia hosting. Bahaya serangan ini terletak pada serangannya yang meniru tabiat trafik asli, sehingga sangat sulit diidentifikasi kecuali jika telah menimbulkan kerusakan. Olehnya itu DDoS disebut “distributed” karena penyerang menggunakan banyak komputer untuk melancarkan serangan denial-of-service.
Mengidentifikasi Serangan DDoS
Sangat sulit dalam membedakan serangan DDoS dengan gangguan biasanya.
Terdapat gejala gejalan yang bisa diartikan serangan DDoS antara lain :
  • Jumlah spam yang tiba-tiba meningkat
  • Blog tidak bisa diakses
  • Jaringan jadi lemot dan butuh waktu sangat lama mengakses blog atau file, dll.
  • Blog-blog tertentu tidak dapat diakses terus menerus
Cara Menghindari Serangan DDoS
Menurut fakta yang terjadi bahwa tidak ada cara yang sederhana dalam menghindari serangan DDoS ini. Tetapi ada beberapa strategi dalam mengurangi serangan DDoS ini yaitu, membatasi jenis-jenis trafik yang diizinkan masuk ke dalam jaringan dengan menginstall firewall dan yang paling realistis adalah memilih hosting terpercaya yang memiliki kemampuan untuk menghalau serangan DDoS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar